Sukses

Flek Hitam di Wajah Akibat KB

07 Apr 2015, 13:27 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok,,, saya mau tanya masalah kulit wajah istri saya yang muncul flek hitam sejak habis lahirin dan minum obat kb, kira-kira penyebabnya apa ya?dan bagaimana mengatasi hal tersebut. flek hitam seperti tersengat matahari di sekitar pipi saja.terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. 

Flek atau noda hitam di wajah atau biasa disebut sebagai hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh faktor genetika, pertambahan usia, karena faktor hormonal, pemakaian KB suntik atau faktor eksternal seperti paparan sinar matahari karena wajah tidak terlindungi oleh tabir surya. Penanganan hiperpigmentasi memang agak sulit hilang, terkadang dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Jika memang disebabkan oleh penggunaan KB dan dirasa mengganggu maka istri Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk pemilihan KB lainnya.

Saat ini, tindakan yang dapat istri Anda lakukan adalah mencegah agar tidak terdapat flek dengan cara menggunakan:

  1. Sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  2. Mengkonsumsi vitamin C

Mengatasi flek hitam yang timbul di wajah dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan seperti chemical peeling atau mikrodermabrasi atau dengan menggunakan laser. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan berat ringan dan dalamnya flek. Oleh sebab itu, kami himbau istri Anda datang ke Dokter spesialis Kulit  untuk mengetahui sebab yang pasti dan pengobatan yang sesuai untuk flek di wajah istri Anda.

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Kenali Flek Hitam

Demikian jawaban yang kami dapat berikan dan semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar