Sukses

Gatal Pada Hidung, Tenggorokan, Mata

08 Jul 2015, 19:06 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok saya mau tanya, setiap hari rongga hidung telinga tenggrkan dan mata saya gatal, ap nma penykit ini &apa nama obatnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penegakkan diagnosis memerlukan pemeriksaan fisik langsung, wawancara medis lengkap,  disertai penunjang jika diperlukan. Namun salah satu kondisi yang memiliki gejala serupa adalah rhinitis alergi.

Rhinitis alergi adalah penyakit inflamasi yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien yang sensitif yang sebelumnya sudah tersensitisasi oleh alergen yang sama serta menimbulkan gejala ketika terjadi paparan ulangan dengan alergen spesifik tersebut. Apakah Anda memiliki alergi terhadap zat tertentu yang telah diketahui?

Rhinitis ditemukan di semua ras manusia, pada anak-anak lebih sering terjadi terutama anak laki-laki. Memasuki usia dewasa, kejadian laki-laki dan perempuan sama. Insidensi tertinggi terdapat pada anak-anak dan dewasa muda dengan rerata pada usia 8-11 tahun, sekitar 80% kasus rhinitis alergi berkembang mulai dari usia 20 tahun. Insidensi rhinitis alergi pada anak-anak 40% dan menurun sejalan dengan usia sehingga pada usia tua rhinitis alergi jarang ditemukan.

Pasien umumnya datang dengan keluhan keluarnya ingus encer dari hidung, hidung tersumbat dan rasa gatal pada hidung. Gejala klinis yang khas adalah bersin yang berulang. Bersin biasanya timbul pada pagi hari. Bersin lebih dari lima kali sudah dianggap tidak normal dan perlu dicurigai adanya rhinitis alergi. Gejala lain berupa mata gatal dan banyak air mata.

Berdasarkan tingkat berat ringannya penyakit, rhinitis alergi dibagi menjadi:

  • Ringan, yaitu bila tidak ditemukan gangguan tidur, gangguan aktivitas harian,bersantai, berolahraga, belajar, bekerja dan hal-hal lain yang mengganggu. 

  • Sedang atau berat, yaitu bila terdapat satu atau lebih dari gangguan tersebut di atas.

Selain menghindari alergen, sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri kepada dokter umum atau dokter spesialis THT untuk mengetahui pasti masalah yang Anda hadapi dan mencari solusi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar