Sukses

Makanan Untuk Sperma Sehat

07 Apr 2015, 10:43 WIB
Pria, 31 tahun.

Apakah makanan yang baik untuk saya yang sering naik motor agar sperma tetap sehat?.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kualitas sperma lebih baik diketahui melalui analisis sperma. Melalui analisis sperma kita akan mengetahui jumlah sperma, pergerakan sperma apakah aktif bergerak atau diam di tempat, dan bentuk sperma apakah ada gangguan bentuk atau tidak. Semua hal ini tidak dapat diketahui dengan pemeriksaan dengan sekedar melihat sperma dengan mata saja karena memerlukan pewarnaan dan penggunaan mikroskop. Berdasarkan analisis sperma yang Anda paparkan, maka maknanya adalah bahwa jumlah, bentuk dan pergerakan sperma tidak optimal. izinkan kami menjelaskan tentang serba serbi kesehatan sperma.

Pada saat ejakulasi, seorang pria normalnya akan mengeluarkan cairan sebanyak 2-5 ml yang terdiri dari cairan mani dan sperma. Secara normal pada saat ejakulasi, akan dikeluarkan cairan ejakulat yang berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma ini dihasilkan oleh testis dan baru akan dikeluarkan bersama dengan air mani saat ejakulasi.

Cairan mani (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian.

Ciri sperma yang baik atau normal (normospermia) dapat diketahui melalui pemeriksaan analisa sperma dengan ketentuan memiliki jumlah yang normal (N: >20 jt/cc), gerakan normal  (N:>50%), dan bentuk sperma normal (N:>30%).

Dari hasil pemeriksaan sperma Anda didapatkan hasil oligoastenoteratozoospermia (jumlah, pergerakan dan bentuk sperma tidak normal). Jika terdapat gangguan pada jumlah sperma dan kualitas sperma dapat terjadi akibat:

  • Kelelahan

  • Tidur yang kurang

  • Kegemukan

  • Kebiasaan merokok dan minum minuman keras

  • Faktor psikologi : stress berkepanjangan, panik, depresi

  • Faktor lingkungan (radiasi atau bekerja di lingkungan yang tinggi cemarannya, seperti kawasan industri)

  • Suhu di sekitar testis yang terlalu panas, misalnya pada orang yang bekerja terus-menerus di dekat panas seperti supir atau juru masak, atau memakai celana yang terlalu ketat juga bisa mengganggu kesehatan testis

  • Ketidakseimbangan hormon testosteron

  • Varicocele (pembesaran pembuluh darah vena di buah zakar)

  • Infeksi saluran reproduksi

  • Kelainan kromosom

 

Dengan mengetahui penyebabnya, maka kita dapat memberikan penanganan yang sesuai.

Anda harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas sperma. Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan.

Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

  • Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)

  • Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria

  • Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.

  •  Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.

  •  Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.

  •  Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya adalah berolah raga teratur, makan makanan yang banyak mengandung zink (sea food, terong), dan vitamin E (tauge) yang dapat membantu meningkatkan jumlah sperma. Hindari stres dan faktor risiko yang kami sebutkan di atas dapat membantu memperbaiki kualitas sperma.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis andrologi atau spesialis bedah urologi mengenai diagnosis dan tatalaksana lebih lanjut untuk masalah Anda.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar