Sukses

Tidak tidur saat malam Diganti Saat Siang?

03 Dec 2015, 20:15 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok kan tidur itu minimal 8 jam kan? Yg saya tanyakan saya tidurnya dri jam 5subuh dan bangun sekitar jm 11an ? Apa tidak apa siang di ganti malam ? Malam di ganti siang

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebenarnya waktu tidur dari malam hari tidak bisa digantikan menjadi pagi atau siang hari. Itu karena irama sirkadian kita tidak bisa dibohongi. Walaupun kamar sudah digelapkan, tubuh kita tetap mengenali waktu sebagai siang hari.

Tidur diperlukan, terutama malam hari karena di saat tidur banyak hormon yang bekerja. Selain hormon melatonin, hormon yang hanya diproduksi saat gelap, di tahap tidur juga dikeluarkan hormon pertumbuhan.

Hormon ini berperan dalam proses peremajaan sel. Itu sebabnya jika kualitas tidur tidak baik, orang akan kelihatan cepat tua.

Selain itu, Pada saat tidur, kadar sel-sel pembunuh alami dalam darah sangat tinggi. Ini adalah sel penguat daya tahan tubuh, termasuk dari serangan sel tumor atau kanker. Pada individu yang tidak pernah tidur saat malam hari,  maka mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita kanker. Karena itu, tidurlah kalau sudah malam.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar