Sukses

Efek Olahraga dan Keluhan Testis

15 Apr 2015, 08:15 WIB
Wanita, 25 tahun.

asalamualaikum, langsung aj dok saya berumur 28 tahun yang ingin saya tanyakan apakah ada efek samping apabila berolahraga tiap hari seperti contoh badminton karena saya mempunyai keluhan testis sebelah kanan saya sakit sejak 3 hari ini dan apakah itu ciri2 penyakit hernia apakah harus operasi dok dan apa ciri2 orang mengidap penyakit hernia pada umumnya terimaksih atas waktunya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun untuk dapat memastikan keluhan Anda diperlukan adanya wawancara medis secara detail dan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung. 

Olahraga memberikan banyak manfaat terutama bila dilakukan dengan gerakan yang tepat, rutin dilakukan dan tidak berlebihan. Yang terpenting adalah lakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga, selain itu latih otot-otot tubuh terkait agar olahraga yang Anda lakukan semakin efektif. Lalu cukupi asupan air minum Anda selama berolahraga agar tubuh tidak dehidrasi.

Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia inguinalis dibagi menjadi 2, yaitu hernia inguinalis medialis dan hernia inguinalis lateralis. Jika kantong hernia inguinalis lateralis mencapai skrotum (buah zakar pada pria), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia. Apakah terdapat keluhan benjolan atau penonjolan pada area genitalia Anda saat ini? Berikut kami sertakan artikel untuk menambah informasi Anda:  Hernia

Jika terdapat juga keluhan nyeri testis, nyeri pada testis (Orchialgia) dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya riwayat trauma, infeksi, varicocele, torsio testis (perputaran saluran sperma), hernia. Umumnya pada varicocele terlihat pelebaran pembuluh darah pada kantung testis, atau perubahan ukuran testis. Trauma/cedera pada testis biasanya menimbulkan nyeri sesaat, namun tergantung pada tipe dan beratnya trauma. Torsio testis biasanya menimbulkan nyeri hebat yang mendadak disertai kemerahan dan bengkak pada skrotum. Torsio testis merupakan kondisi emergensi dan biasanya membutuhkan intervensi bedah. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar