Sukses

Beragam Keluhan

08 Jul 2015, 17:15 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang dokter Minta jawaban dri smua keluhan yg saya rsakan slama ini dokter !!! 1. Merasakan pusing sejak SMP hingga saat ini smbuh kambuh stiap saat Penyebab kambuh : -kena sinar matahari -mata lelah karena pencahayaan sinar -mata lelah saat mencari sesuatu hal -terlalu rumit beban masalah atau berfikir terlalu lama -perut kosong - Jika pusing kambuh yg di rasa: *mual2. *mata sangat pegel *tidak kuat lihat cahaya *pusingnya pindah2 kadang sbelah kanan dan kiri *saat berdiri kepala terasa di tusuk jarum 2. Kuping saat mendengar suara terlalu keras terasa ngilu,pegel, 3. Sering kesemutan daerah tangan, kaki 4. Lutut terkadang ngilu mendadak saat jalan dan diam pun sama 5. Lidah sulit merasakan rasa saat makan 6. Terkadang saat napas itu susah sperti asma 7. Mudah lupa dgn apa yg aku lakukan,aku pelajari, susah mengingat nama org Di tunggu jawabannya dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

1. Merasakan pusing sejak SMP hingga saat ini smbuh kambuh stiap saat Penyebab kambuh : -kena sinar matahari -mata lelah karena pencahayaan sinar -mata lelah saat mencari sesuatu hal -terlalu rumit beban masalah atau berfikir terlalu lama -perut kosong - Jika pusing kambuh yg di rasa: *mual2. *mata sangat pegel *tidak kuat lihat cahaya *pusingnya pindah2 kadang sbelah kanan dan kiri *saat berdiri kepala terasa di tusuk jarum

Berdasarkan cerita Anda kemungkinan Anda mengalami migrain namun perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikannya.

Penyebab migrain sampai saat ini belum diketahui secara pasti, sebagian besar meyakini berhubungan dengan faktor lingkungan dan genetik. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya), adanya scintillating scotoma (sebuah area peralihan parsial dalam lapang pandang yang berkelip-kelip/bergerak-gerak seperti yang Anda rasakan saat ini atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kakii). Apabila gejala tersebut ada beberapa saat muncui sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura. Migrain yang disertai munculnya aura dinamakan migrain klasik.

Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

  1. Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju,red wine)
  2. Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko
  3. Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat)
  4. Makanan yang difermentasi
  5. Alkohol (red wine)
  6. Caffeinated (softdrink, teh, kopi)

Kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter spesialis saraf untuk memastikan diagnosis Anda. Bila diperlukan, akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti CT scan atau MRI kepala. Bila diagnosis sudah pasti, maka dapat ditentukan apakah berbahaya atau tidak.

2. Kuping saat mendengar suara terlalu keras terasa ngilu,pegel,

sudah berapa keluhan dirasakan? Bagaimana awal mulanya? Pengobatan apa sajakah yang sudah diberikan? Apakah Anda pernah mengalami keluhan seperti ini sebelumnya? Apakah ada riwayat keluar cairan dari telinga? Apakah ada gejala lain seperti demam, nyeri pada telinga, telinga berdenging?

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter THT secara langsung.

3. Sering kesemutan daerah tangan, kaki
Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki Anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  • gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
  • gangguan jantung dan pembuluh darah
  • gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
  • infeksi dan sindrom post-infeksi
  • gangguan jaringan ikat dan imunitas
  • kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
  • kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
  • keganasan/tumor otak
  • dsb

Sudah berapa lama Anda merasakan keluhan ini? Apakah dengan perubahan posisi, kesemutan Anda membaik? Untuk mengetahui penyebab dari kesemutan yang berlangsung lama, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang terkait oleh dokter.

Jika keluhan kesemutan Anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga Anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Lutut terkadang ngilu mendadak saat jalan dan diam pun sama

Bagian lutut kaki yang terasa ngilu mungkin dapat disebabkan karena masalah pada otot, tulang atau persendian. Untuk itu, Anda mungkin dapat mencoba untuk menggunakan salep untuk menghangatkan bagian tersebut, melakukan pemijatan, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat pada area bersangkutan, dan mengistirahatkan lutut pada posisi lurus.

 

5. Lidah sulit merasakan rasa saat makan

 

Permukaan lidah mengandung banyak sekali kuncup pengecap sehingga permukaan terasa kasar. Namun kuncup pengecap dapat mengalami atrofi atau mengecil, bisa diakibatkan karena usia tua. Hal ini dapat menyebabkan penurunan fungsi dari kuncup pengecap tersebut sehingga tidak dapat merasakan makanan dengan baik.

Usia tua juga menyebabkan penurunan fungsi kelenjar liur, sehingga produksi air liur menurun. Air liur memiliki fungsi sebagai pembilas kotoran dari dalam mulut, jadi bila produksi air liur menurun, plak atau sisa makanan lebih banyak terakumulasi di permukaan gigi dan daerah lain termasuk lidah.

Bagaimana dengan kondisi rongga mulut Anda, apakah sering terasa kering? Apakah saat Andameludah, air ludah terlihat kental? 

Perbanyak konsumsi air putih, dan sikat lidah Anda saat menyikat gigi. Jika terasa sakit atau tidak nyaman menyikat lidah menggunakan sikat gigi, dapat menggunakan kain kasa yang diusapkan perlahan ke permukaan lidah. Untuk memastikan apakah kondisi yang Anda alami itu adalah penyakit, tentunya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

6. Terkadang saat napas itu susah sperti asma

 

Penyebab dari sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Keluhan sesak nafas tidak selalu disebabkan oleh gangguan saluran pernafasan. Keluhan sesak nafas dapat juga disebabkan oleh masalah pada saluran pencernaan, jantung dan lain sebagainya. Pengunaan obat yang tidak tepat tentu saja tidak akan mengurangi keluhan yang ada.

Oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter umum ataupun ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui secara pasti penyebab dari sesak nafas anda sehingga obat yang diberikan sesuai dengan penyebab.

7. Mudah lupa dgn apa yg aku lakukan,aku pelajari, susah mengingat nama org

 

Tentunya Anda merasa terganggu dengan berbagai keluhan yang Anda rasakan. Namun informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya. Banyak sekali penyebab dari mudah lupa, salah satunya adalah hal di sekitar diri kita yang dapat kita modifikasi.

Sementara ini kami hanya bisa menduga bahwa berbagai keluhan yang Anda rasakan merupakan akibat kelelahan yang Anda alami baik secara fisik ataupun psikis. Hal ini kemudian menimbulkan kesulitan konsentrasi yang membuat Anda menjadi mudah lupa.

Cobalah untuk lebih rileks, istirahat cukup, olahraga teratur dengan pola makan sehat. Bila Anda dapat melakukannya secara teratur niscaya keluhan yang Anda rasakan akan berkurang secara perlahan. Selain itu, coba latih otak Anda tetap aktif dan coba menulis kegiatan Anda dalam jurnal untuk membantu Anda dalam mengingat masalah, sehingga Anda tidak melupakan hal-hal penting.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar