Sukses

Obat Tiroid Selama Hamil, Amankah?
06 Apr 2015, 10:23 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok,,,saya mau tanya,,,saya punya penyakit tiroid dan skra lg hamil 9 minggu.saya masih minum obat tiroid(ptu) sehari satu kali.apakah obat utu mempengaruhi janin dok???mhon penjelasannya??Thanks

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kehamilan dianggap berisiko tinggi bila ada komplikasi potensial yang dapat mempengaruhi ibu, bayi, atau keduanya. Kehamilan berisiko tinggi memerlukan manajemen yang melibatkan spesialis kandungan untuk membantu memastikan hasil yang terbaik bagi ibu dan bayi. Kehamilan yang dapat dianggap berisiko tinggi meliputi kondisi medis yang ada sebelum kehamilan. Kondisi seperti tekanan darah tinggi, masalah pernapasan, ginjal, jantung, kencing manis,obesitas, tiroid, polikistik ovarium sindrom (PCOS) penyakit autoimun, penyakit menular seksual (PMS), atau infeksi kronis seperti human immunodeficiency virus (HIV) dapat menimbulkan risiko bagi ibu dan atau bayi yang belum lahir. Adanya riwayat keguguran, masalah dengan kehamilan sebelumnya atau kehamilan dengan adanya riwayat keluarga kelainan genetik juga merupakan faktor risiko kehamilan berisiko tinggi. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut mengenai penggunaan PTU selama Anda hamil dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Penggunaan PTU selama kehamilan dapat menyebabkan hipotiroid kongenital pada bayi Anda. Oleh sebab itu, penggunaan obat ini harus dengan pengawasan dokter. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar