Sukses

Ingin Menikah, Siklus Haid Tidak Teratur

06 Apr 2015, 10:47 WIB
Wanita, 26 tahun.

Tanya dok,beberapa bulan terakhir 2014 siklus haid sy panjang (33-37hari,tidak tentu),awal2 2015 sampai bulan kmrn menjadi 27-30hari. Tetapi bulan ini sdh 40 hari tdk haid. Bulan depan sy akan menikah dan rencananya akan program hamil(promil) apakah siklus haid saya ini berpengaruh ke promil apa tdk? Lalu apa yg harus saya lakukan agar promil sy lancar? Perlukah supelmen vit e seperti fundamin e?trmksh

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Sedangkan siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ reproduksi. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Kondisi ini dapat mempengaruhi kesuburan Anda untuk memperoleh kehamilan. Vitamin E dan antioksidan lain boleh dikonsumsi karena baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG atau pemeriksaan hormon untuk mengetahui masalah yang Anda alami.  Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya. 

Kami sertakan juga artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar