Sukses

Belum Ingin Hamil

06 Apr 2015, 09:00 WIB
Wanita, 21 tahun.

Pagi dok, saya mau tanya saat saya berhubungan intim dengan suami saya, karna saya belum ingin hamil, saat berhubungan intim suami saya tidak mengeluarkan sperma dalam vagina saya, apakah seperti itu bisa terjadi kehamilan atau tidak dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kehamilan terjadi apabila terjadi pertemuan sel telur dan sperma yang masuk melalui vagina seorang wanita dimana pertemuan tersbut terjadi di tuba falopii rahim (uterus). Kemungkinan terjadinya kehamilan lebih kecil apabila sperma tidak dimasukkan ke dalam vagina. Namun tetap harus diwaspadai sebab walaupun dikeluarkan di luar vagina, sebagian kecil sperma dapat membuahi dan menyebabkan kehamilan apabila dilakukan penetrasi. Selain coitus interuptus atau mengeluarkan sperma di luar vagina, kehamilan dapat dicegah dengan penggunaan kontrasepsi lain seperti pengaturan hubungan seksual di luar masa subur, pil, susuk/implan, kondom dan spiral.

Melakukan hubungan seksual di luar masa subur dapat membantu menghambat terjadinya kehamilan. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi memperbesar kemungkinan terjadinya kehamilan, hindari berhubungan seksual pada masa ini.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar