Sukses

Tatalaksana Bronkitis

06 Apr 2015, 07:36 WIB
Pria, 30 tahun.

Pagi dok, apakah ank yang mengidap penyakit bronkitis tidak boleh terkena kipas angin atau ac?? Trimakasih dok.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Bronkitis adalah suatu kondisi di mana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. Bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan, maka dikatakan bronkitis kronik.

Merokok adalah penyebab utama dari bronkitis kronik. Ketika rokok dihisap menuju paru-paru, maka akan mengiritasi jalan napas dan kemudian memproduksi lendiri. Selain perokok aktif maupun pasif, mereka yang seringkali terpapar dengan uap bahan kimiawi, debu atau lainnya, juga dapat terkena bronkitis kronik.

AC dan kipas angin masih dapat dipakai, asalkan udaranya tidak terlalu dingin, atau angin tidak diarahkan langsung kepada anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar