Sukses

Sakit Kepala Belakang

13 Dec 2015, 20:10 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok, sy mahasiswa semester akhir. Sy ingin bertanya mengenai gejala penyakit yg telah saya alami selama beberapa minggu terakhir ini. Pertama,sy sering mendapati kepala bagian belakang sy sakit. Itu sudah berlangsung selama 3 hari berturut turut di pagi hari. Kemudian rasa sakitnya disertai dengan seperti ada yg menyetrum di leher. Namun itu sudah tidak kambuh lg setelah 3 hari. Kedua, sy sering merasa sakit di bagian bahu kanan, sakitnya lebih terasa seperti nyeri. Dan nyeri ini sudah saya rasakan dari beberapa tahun yg lalu, namun baru sering kambuh lg beberapa minggu terakhir ini. Biasanya sakit di bahu sy yg bagian belakang ini disertai dgn nyeri di lengan kanan bagian bawah dan terkadang menjalar ke pergelangan tangan. Ketiga, sempat ketika kepala belakang sy sakit, saya merasakan sakit di dada kiri seperti tersetrum sebanyak 3x. Namun, sakit di dada kiri itu tidak sering sy rasakan. Hanya denyut jantung sy saja yg tidak beraturan, terutama di pagi hari, sehingga menimbulkan perasaan gelisah dan lemas. Kemudian, beberapa waktu lalu sy merasakan nyeri di ulu hati sy yg sangat hebat sehingga sy merasa mual. Dan jg sakit kepala belakang sy kambuh lagi dan lebih terasa dibandibg yg dulu, leher sy jg lebih sering mendapat sakit seperti tersetrum. Dan di pagi hari sakitnya masih terasa dan membuat sy mual. Sebelumnya sy pernah mengalami kecelakaan motor pd tahun 2005, dan itu memang membuat kepala sy sakit namun setelah di roxen pada waktu itu tidak ada gangguan apa apa. Hanya saja ketika itu disaat menunduk sy merasa ingin jatuh dan mual. Dan itu sudah hilang setelah 2 minggu. Terimakasih dok...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan sakit kepala berbagai macam tipe dan penyebabnya. Pada Anda mungkin tidak berhubungan dengan maag yang Anda alami. Sakit kepala yang serius gejalanya sangat berat dan datang tiba-tiba dan dapat diserta gejala neurologis. 

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar