Sukses

Saraf Leher Terjepit?

06 Apr 2015, 07:46 WIB
Wanita, 24 tahun.

Mau tanya dok, apakah sakit dipundak dan dileher bagian kiri itu saraf terjepit ato ada faktor lain? Pernah waktu itu malahan saya hampir tidak bisa menengok ke kanan, alhasil saya berobat urut dan sudah sembuh skr, namun tetap nyeri dipundak dan leher itu masih ada, kadang jika sudah tidak enak atau kaku saya membunyikan/mengretekan leher. Dan apakah pengaruh dari kolestrol? terakir saya cek LDL direk saya 134. Mohon info nya dok dr faktor suka mebunyikan leher dan dr faktor kolestrol, thanks

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang Anda maksud adalah terasa nyeri/kesemutan tengkuk dan bahu pada satu sisi yang menjalar ke lengan, yang disertai dengan kelemahan dan baal lengan yang bersangkutan? Jika ya, kemungkinan  Anda mengalami gejala penyempitan saraf di bagian leher / HNP (Hernia Nucleus Pulposus). Jika tidak, ada berbagai kemungkinan lain nyeri di bahu dan tengkuk, seperti salah posisi tidur/bantal, kolesteol tinggi, atau tekanan darah tinggi. Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang terlebih dahulu oleh dokter.

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri  karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti terlalu sering berada dalam posisi leher yang salah (terlalu menunduk atau telalu mendongak), kecelakaan, latihan atau olah raga terlalu berat, membunyikan leher dengan menggerakkan otot leher dengan cepat dan mendadak ke kiri, kanan, depan, atau belakang. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang.

Nyeri/kesemutan dapat dirasakan makin memberat. Untuk memastikan keluhan Anda tersebut, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang (MRI tulang belakang) untuk memastikan diagnosis.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar