Sukses

Bisul Bernanah Di Mata Kaki Saat Hamil

06 Apr 2015, 15:27 WIB
Pria, 27 tahun.

saya mau tanya dok...istri saya kan lagi hamil 3 bulan mau 4 bulan.di bagian kaki kanan di bawah mata kaki itu keluar kaya semacam bisul bernanah gitu keluar cairan gitu...tadi nya udh kering tapi timbul keluar lagi trus menerus...sudah di bawa ke puskesmas tapi masih aja penyakit nya ga ilang...udah di ksh salep sma dokter puskesmas tetep aja ga sembuh...kira" itu nama penyakit apa ya dok?dan cara sembuhin penyakit istri saya itu bagaimana...karena saya kasian melihat penyakit istri saya....terima kasih sebelum nya dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan istri Anda mengalami ulkus varikosum. Ulkus varikosum merupakan luka dalam pada tungkai yang disebabkan oleh gangguan aliran darah dalam vena. Pada umumnya luka ini tidak nyeri kecuali apabila disertai infeksi lainnya. Penyebab gangguan aliran darah pada tungkai bawah antara lain adalah kehamilan, pekerjaan yang terlalu banyak berdiri, obesitas, kelainan katup vena, dan tumor di daerah rongga perut. 

Adanya tekanan pada vena akan menyebabkan pembengkakan di sekitar pergelangan kaki.Vena akan melebar dan berkelok-kelok seperti cacing yang dikenal dengan varises. Apabila berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka kulit sekitarnya akan kekurangan suplai darah dan mudah menjadi luka.

Untuk menanganinya, apabila sedang beristirahat, kaki sebaiknya ditinggikan,lebih tinggi daripada letak jantung,maksudnya untuk memperlancar aliran darah. 

Apabila luka terlihat kotor dan mengeluarkan cairan, mengompres dengan larutan PK dapat membantu mengeringkan dan membersihkan luka. Apabila luka sudah terlihat bersih, pemberian salap antibiotik seperti gentamisin dan neomisin dapat diberikan. 

Penyakit ini sering menimbulkan gejala yang berulang apabila telah menyembuh. Ketekunan dan kesadaran penderita dalam pengobatan sangat diperlukan. Apabila keluhan tidak membaik, sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit kelamin.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar