Sukses

Apakah Saya Terkena TBC?

08 Apr 2015, 10:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

DH, Dok, saya kemarin lusa baru cek darah dan rotgen,, dengan hasil : cek darah haemoglobin 10,4 (rujukan 12-16), LED 40 (rujukan 0-15), hematrokit 32,2 (rujukan 36-47), monosit 10 (rujukan 2-8), SGOT 73 (rujukan 5-31), SGPT 79 (rujukan 5-34), pewarnaan BTA 1 negatif, lainya normal atau pada nilai rujukan. hasil rotgen : inle rar parakardial kiri kesan tb kiri aktif untuk lainya normal dari hasil lab dan rotgen tersebut saya sebenarnya sakit apa dok...??plek paru...?? atau TB...?? atau ada lainya...?? obat selama tiga minggu yang saya minum saat ini : Ambroxol HCL Amoxilin Paracetmol Ranitidin (minggu pertama) dan Cimetidin minggu kedua gejalanya : Batuk sudah 2 bulan, diminggu awal sempat keluar bercak darah tapi sekarang sudah tidak lagi, panas/deman, suka berkeringat, pusing, dan terkadang suka mual/muntah mohon dok penjelasannya,, mohon maaf sebelumnya dan terimakasih.

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai batuk yang tidak kunjung sembuh. Semua batuk berdahak yang tidak sembuh sembuh selama lebih dari 3 minggu harus dicurigai sebagai penyakit TB (tuberkulosis) paru. Selain mengeluh batuk berdahak yang tidak sembuh sembuh, penderita TB biasanya juga memiliki gejala-gejala penyerta lainnya, seperti:

  • Demam yang tidak terlalu tinggi, terutama di malam hari. Demam ini dapat berlangsung terus menerus, dapat juga hilang timbul

  • Terdapat keringat malam

  • Penurunan berat badan

  • Badan terasa lelah dan lemas

  • Batuk berdahak kadang disertai dengan darah.

 

Jika Anda juga memiliki gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis paru atau spesialis penyakit dalam. Apakah Anda sudah mengunjungi dokter? Jika sudah, maka keputusan yang Anda ambil sudah tepat. Dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan, seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan dahak 3x dan pemeriksaan foto rontgen dada. Apakah sudah dilakukan pemeriksaan dahak? Penyakit TB harus segera ditatalaksana dengan tepat dan menyeluruh. TB yang tidak diobati atau diterapi dengan tepat akan menimbulkan berbagai komplikasi seperti batuk berdarah, penyebaran infeksi TB ke organ di luar paru, dan bahkan dapat menimbulkan kematian.

 

Setelah pengobatan, apakah keluhan sudah membaik? Apa diagnosis yang dikatakan oleh dokter Anda setelah dokter melihat hasil pemeriksaan laboratorium dan rontgen Anda? Jika Anda belum mengunjungi dokter Anda kembali, maka kami sarankan Anda mengunjungi dokter dengan membawa hasil pemeriksaan sehingga dokter dapat mencocokkan hasil pemeriksaan diagnostik dengan keteranganw wawancara medis dan hasil pemeriksaan fisik Anda. Sayangnya, karena kami tidak melakukan pemeriksaan fisik langsung, sulit bagi kami untuk mengambil kesimpulan. Pada penderita TBC biasanya ditemukan suara paru yang kasar pada pemeriksaan paru dengan menggunakan stetoskop.

 

Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan keluhan Anda segera teratasi, Anda lekas sembuh!

 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar