Sukses

TB Paru Kambuh?

04 Apr 2015, 18:16 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok q mau brtnya bbrapa hari yg lalu q baru saja tes lab BTA n rontgen,dr hasil keduanya hasil dr tes BTA dahak negatif sedangkan hasil rontgennya ada fleknya,dr hasil itu dokter memberikan obat selama 1 minggu tapi q masih batuk tapi batuknya sudh berkurang.Apakah TB q bisa kambuh lagi walaupun hasil BTA negatif?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

TB paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Namun, Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Pada kasus Anda, tetap ada kemungkinan TB Paru kembali kambuh, mengingat pengobatan sebelumnya hanya 3 bulan. Dan hal ini didukung apabila anda menunjukkan gejala yang sama dengan gejala khas TB Paru, seperti; Batuk lama (lebih dari 2 minggu) tanpa atau disertai dahak dengan darah, penurunan nafsu makan, berat badan menurun, demam malam hari, keringat malam hari, didukung dengan hasil temuan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang rontgen dada atau pemeriksaan dahak. Oleh karena itu, untuk memastikannya kami anjurkan anda kembali bediskusi dengan dokter yang menangani anda.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar