Sukses

Menghilangkan Karang Gigi dan Memutihkan Gigi

10 Apr 2015, 15:39 WIB
Wanita, 36 tahun.

dok,cara mengilangkan karang gigi giman?dan cara memiliki gigi putih giman? terimakasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya Kami akan menjelaskan sedikit mengenai proses terbentuknya karang gigi. Permukaan gigi kita tidak pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.

Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap. Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).  

Dental calculus  tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi, namun dapat dibersihkan dengan penggunaan alat scaler ultrasonik atau dengan hand instrument.  Scaler ultrasonik bekerja dengan cara vibrasi atau getaran pada ujung alat yang dapat dilepas dan disterilisasi. Bagian ujung alat tersebut juga menyemprotkan air sehingga membilas karang gigi dan menjaga gigi tetap dalam keadaan dingin, karena panas yang timbul akibat gesekan ujung alat dengan gigi dapat menyebabkan trauma pada pulpa gigi. Vibrasi dari ujung scaler tidak merusak email, selama email gigi terbentuk dengan sempurna.

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi guna mengetahui perubahan warna yang terjadi disebabkan oleh apa dan penanganannya yang tepat. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien. Untuk memastikan apakah produk yang Anda pakai aman untuk Anda atau tidak diperlukan informasi lebih mengenai kandungannya dan juga pemeriksaan langsung terhadap gigi Anda.

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi. Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda.

Bahan-bahan yang biasa direferensikan oleh media cetak dan online sebagai cara untuk memutihkan gigi secara alami seperti buah strawberry atau baking soda tidak dapat merubah warna gigi tapi hanya membersihkan noda pada gigi dan hasilnya juga tidak maksimal. Penggunaan stawberry, lemon atau bahan makanan lainnya yang bersifat asam dan membiarkan gigi terpapar lama dengan makanan tersebut justru dapat membahayakan kesehatan gigi dan penggunaan baking soda pun  tidak boleh terlalu sering.

Demikian informasi yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar