Sukses

BAB Darah Kental

06 Apr 2015, 14:41 WIB
Pria, 33 tahun.

Dokter, sudah tiga hari ini saya keluar cairan kental darah saat buang air besar, saat pengen buang air besar yang keluar cairan kental berwarna merah? Untuk dokter ketahui 1 bulan ini saya keluar kota naik motor bolak balik karena tugas dari kantor dan memakan makanan kurang bergizi serta kurang istirahat, mohon penjelasannya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami dapat memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa BAB berdarah ada dua jenis, yaitu darah berwarna merah dan hitam. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (ulkus gaster/ perlukaan lambung, pecahnya varises esofagus pada sirosis). Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir,).

Apa warna darah pada BAB Anda? Apakah terdapat benjolan pada anus? Jika tidak ada gejala mengganggu seperti yang Anda katakan, kemungkinan BAB berdarah Anda disebabkan oleh wasir.

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena (varises) di daerah anus. Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu.

Gejala wasir meliputi BAB berdarah berwarna merah segar, ada benjolan di anus saat BAB, dan rasa gatal di sekeliling anus. Seorang dengan wasir disarankan untuk memiliki pola makan yang tinggi serat untuk memperlunak konsistensi feses. 

Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare).

Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir. Hipertensi (darah tinggi), obesitas (kegemukan), dan gaya hidup yang malas (tidak aktif) juga merupakan salah satu pencetus terjadinya wasir. Konsumsi alkohol dan kopi dalam jumlah banyak dan sering juga merupakan salah satu faktor pencetus.

Alkohol dapat menyebabkan penyakit hati yang pada akhirnya akan menimbulkan penyumbatan aliran pembuluh darah pada rektum atau anus, sedangkan mengkonsumsi terlalu banyak kopi dapat menyebabkan hipertensi.

Keadaan dehidrasi (kekurangan cairan) dapat juga menjadi faktor penyebab. Dehidrasi dapat menyebabkan tinja yang keras dan kesulitan buang air besar. Kekurangan vitamin E merupakan faktor yang lainnya.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter agar mendapatkan evaluasi pemeriksaan fisik dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar