Sukses

Posisi Gigi Berubah

14 Apr 2015, 20:41 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi, Dok mau tanya, Dulunya gigi seri depan saya keluar hanya sedikit saja (hampir tidak terlihat). Saya mencoba untuk menekannya memakai jari supaya kembali normal, saya melakukannya tiap hari. Ternyata lama-kelamaan saya sadar setiap kali gigi ditekan, dia selalu akan berusaha kembali ke tempat semula. Tapi saya sudah terlanjur melakukan hal ini selama 5 bulan lebih, dan bukannya membuat gigi menjadi masuk ke dalam, tapi (mungkin karena posisi tekanannya tidak tepat), akar gigi saya malah keluar keluar, dan ikut membuat gigi keluar. Gigi sebelahnya ikut terdorong ke dalam, sehingga masuk ke dalam. Tapi pada gigi seri sebelah yang tidak didorong masih hampir terlihat normal. Terlihat pada gambar in:i https://www.dropbox.com/s/8fs8vvqf2dnmv1w/Masalah%20gigi.jpg?dl=0 Pertanyaan: 1. Apakah masih dapat dibenarkan kembali? 2. Berapa lama waktu pemasangan kawat hingga kembali normal? Terima Kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gigi yang posisinya tidak baik tentu saja sangat mengganggu baik dari segi estetik juga dari segi kesehatan. Untuk memastikan perawatan yang tepat, guna didapatkan susunan yang rapi dan perbaikan estetik diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Dalam merapikan posisi gigi yang Anda alami ini dapat dilakukan perawatan orthodonti atau kawat gigi.

Tujuan utama dari perawatan orthodontik atau kawat gigi tidak hanya untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi atau hubungan gigit antara gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal  hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan. 

Untuk memastikan lama perawatan pada kasus maloklusi pada gigi Anda ini diperlukan analisa yang lebih mendalam oleh dokter gigi setelah melakukan pemeriksaan secara langsung dan pemeriksaan penunjang lainnya. Sebaiknya konsultasikan kondisi gigi Anda langsung kepada dokter gigi atau dokter gigi spesialis orthodonti.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar