Sukses

Suplemen Penambah Nafsu Makan & Mengatasi Testis Kecil

06 Apr 2015, 11:30 WIB
Pria, 41 tahun.

Terima kasih bu dokter atas atas responnya. Informasinya sangat berharga dan sejujurnya saya jadi takut karna ternyata efek samping Deksametason jauh lebih buruk dari yang saya bayangkan. Baik dok, begini : Sebenarnya masalah nafsu makan yang tidak normal ini sudah puluhan tahun saya rasakan bahkan saya baru menyadari menderita maag sejak SD, (perut saya sering sakit bahkan di uluhati) namun baru setelah dewasa saya menyadari itu maag karena saya sering mengalami hal yang serupa dan pernah harus berobat karena maag. Saya mulai mengkonsumsi Deksametason pada waktu kuliah karena badan saya kurus dan suka capek. Dan BAB saya berdarah pertama kalinya sejak April 2011. Tanggal 09 Maret 2015 saya berobat ke RSU karena badan saya lesu dan pitam (serasa berdiri mau jatuh). Saat itulah saya baru tahu BAB saya berdarah karena penipisan lambung disebabkan mengkonsumsi Deksametason bertahun-tahun dan sudah sudah diberi obat untuk usus+anti biotik+ vitamin, tapi BAB masih berdarah karena saya tidak ada nafsu makan. Sebagai informasi saya pernah medical check-up awal tahun 2013 dan saya ada hepatitis dan kolestrol. Testis saya juga kecil (saya pikir tadinya itu bawaan lahir). Pertanyaan saya dok : 1. Apa suplemen yang benar-benar dapat menimbulkan nafsu makan seperti yang ditimbulkan Deksametason? 2. Apakah hepatitis ada hubungannya dengan mengkonsumsi Deksametason? 3. Apakah Testis bisa kembali normal? 4. Apakah Testis yang mengecil mempengaruhi keturunan? (sesungguhnya saya sangat takut Dok, karena saya menikah tanggal 21 Juni 2014 tapi istri saya sampai sekarang belum hamil). Mohon bantuannya bu dokter. Terima kasih.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kondisi Anda dan akan coba menjawab pertanyaan Anda satu persatu. Agar tidak bias iklan suplemen, kami akan menjelaskan cara untuk meningkatkan nafsu makan:

  • Selalu sarapan di pagi hari. Sarapan di pagi hari selain dapat menambah energi di tubuh dalam menjalani aktifitas sehari-hari, juga dapat meningkatkan nafsu makan Anda. 
  • Makan dengan jumlah sedikit dengan frekuensi sering
  • Pilih makanan yang Anda gemari
  • Olahraga
  • Hindari minum air putih banyak sesaat sebelum makan

Suplemen mineral dan vitamin hanya digunakan untuk mereka yang memang kekurangan zat-zat tertentu, malabsorbsi (gangguan penyerapan nutrien), dan mencegah cacat bawaan pada kehamilan (dengan asam folat). Jika Anda bukan termasuk dalam kelompok individu yang kekurang vitamin dan mineral, maka pada umumnya kebutuhan akan zat tersebut telah tercukupi oleh makanan sehari-sehari.

Menjawab pertanyaan Anda kedua, penularan hepatitis tidak ada kaitannya dengan konsumsi deksametason. Berikut kami berikan kami sertakan artikel seputar hepatitis untuk menambah informasi Anda : 

Penanganan Hepatitis A (22 October 2014)

Perbedaan Hepatitis A, B, dan C (22 October 2014)

Hepatitis B (23 February 2015)

Hepatitis C (23 January 2015) 

 

Ukuran  testis memang dapat menjadi salah satu pertanda kesuburan dan berpengaruh terhadap volume dan kualitas sperma. Testis berfungsi untuk memproduksi sperma. Didalam testis terdapat epididimis yaitu tempat sperma dimatangkan. Ada dua kantong semen tempat menampung sperma sebelum masuk ke uretra. Di tempat saluran sperma bergabung dengan uretra terdapat kelenjar yang disebut kelenjar prostat. Di bawah kelenjar prostat terdapat dua kelenjar lain yang disebut kelenjar Cowper. Sekresi yang dihasilkan dari semua kelenjar tersebut membentuk cairan semen yang berfungsi mengaktifkan dan memelihara sperma. Namun untuk mengetahui ukurannya diperlukan pengukurannya yang dilakukan oleh dokter spesialis Andrologi untuk mengetahui apakah ukuran buah zakar Anda termasuk normal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar