Sukses

Mengucek Mata yang Baik dan Benar

08 Apr 2015, 10:30 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo klik dokter. nama saya adalah rosihan arif ifandi, saya adalah mahasiswa desain komunikasi visual dari Telkom University, saat ini saya sedang menjalani tugas akhir untuk membuat buku ilustras tentangi cara membersihan alat indera dengan benar. Kali ini saya ingin mengajukan pertanyaan tentang alat indera pengelihatan yaitu fenomena mengucek mata. pertanyaan 1.apa saja bagian sensitif dari mata kita? 2.apakah mengucek mata tindakan yang baik? karena terkadang tangan kita melakukan reflek bila mata kita terasa gatal karena kotoran masuk kedalam 3.bila mengucek mata sudah menjadi kebiasaan dan di lakukan secara berulang adakah dampak bahaya nya? bila ada apa saja? dan faktor apa yang menyebabkan orang mengucek mata? 4.apakah ada orang yang sengaja mengucek mata padahal ia tahu bahwa matanya dalam keadaan normal? 5.apakah mengucek mata dapat mengakibatkan kebutaan? 6.bagaimana tata cara mengucek mata dengan benar dan aman?

 

Bapak/Ibu yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Mengucek mata sering dilakukan di saat mata gatal. Kegiatan ini dapat merusak lapisan kornea dan menyebabkan peredaran pembuluh darah di mata terganggu. Selain itu kebiasaan mengucek mata juga dapat menyebabkan timbulnya kerutan halus di sekitar mata. 

 

Penyebab rasa gatal pada mata yang paling sering adalah benda asing pada mata. Namun, segala benda asing yang masuk ke dalam mata perlu diketahui letaknya apakah superfisial atau lebih dalam. Pertolongan pertama pada benda asing di mata adalah dengan membilasnya dengan air hangat yang bersih. Mengusap dengan tangan, mengucek mata, menggunakan cotton buds atau alat bantu lainnya untuk menyingkirkan benda asing pada mata sangat tidak dianjurkan.

 

Jika benda asing tersebut tidak hilang juga sebaiknya mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut, perlu diketahui apakah letaknya superfisial atau sudah lebih dalam. Mungkin diperlukan bantuan alat untuk mengangkat benda asing tersebut.

 

Gunakan obat tetes mata bila mata gatal untuk membilas kotoran yang menempel. Atau, cCobalah untuk membilas/mengaliri mata dengan air hangat yang bersih secara perlahan-lahan terlebih dahulu pada saat benda asing dapat terlihat. Jika tidak hilang, sebaiknya  mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Mengucek mata sendiri sebenarnya tidak menyebabkan kebutaan secara langsung, namun gangguan pada mata yang tidak segera ditangani atau tidak ditangani dengan benar memiliki kemungkinan menyebabkan kebutaan berdasarkan tingkat keparahan gangguannya.

 

Hingga saat ini belum ada cara mengucek mata yang benar dan aman. Kegiatan ini tidak dianjurkan dan sebaiknya dihindari.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salammata sehat

Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar