Sukses

Penyebab Benjolan di Vagina

06 Apr 2015, 16:15 WIB
Wanita, 45 tahun.

Slmat malm dokter.. Saya mau tanya, kmaren kan saya habis mencukur bulu pubis tp menggunakan gunting bukan gilet. Dan keesokan harinya ada benjolan d area bulu vagina dok jd ukurannya tdk kecil jg tidak besar sedang" saja dan rasanya nyeri truss saya pegang keras benjolannya trus lama" merah gitu dok. Saya kenapa ya dokter? Sudah 1 th lebih saya tdk berhubungan seksual sdgkan saya jg sllu menjaga kebersihan vagina. Mohon bantuannya, trima kasih.. :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah benjolan di vagina. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

 

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar