Sukses

Usus Turun?

28 Nov 2015, 07:27 WIB
Pria, 26 tahun.

Aslmwr. Dok, ada pengaruh usus turun terhadap olahraga badminton? Mohon informasinya. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun sebelumnya perlu dijelaskan, apa yang Anda maksud dengan 'usus turun' karena sebenarnya dalam dunia medis tidak dikenal istilah tersebut. Kami menduga yang Anda maksud adalah Hernia atau yang dikenal awam dengan 'turun bero'. 

Hernia terjadi akibat terdapatnya defek (kelemahan) pada dinding rongga yang bersangkutan. Yang banyak dikenal adalah hernia pada dinding perut. Pada hernia abdomen (perut), isi perut menonjol melalui defek atau bagian lemah dari lapisan muskulo-aponeurotik (lapisan otot) dinding perut.

Tidak semua orang beresiko terjadinya hernia.  Penyebab hernia inguinalis hingga saat ini masih belum dapat dimengerti dengan sempurna. Namun yang menjadi prinsip terjadinya hernia inguinalis adalah peninggian tekanan di dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut (karena usia).

Hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya hernia adalah :

  • Mengangkat beban yang terlalu berat
  • Batuk
  • Kegemukan
  • Mengedan
  • Kehamilan
  • Asites (penumpukan cairan abnormal di dalam rongga perut)
  • Aktifitas fisik yang berlebihan

Olahraga badminton dapat dikategorikan sebagai aktivitas fisik yang berlebihan yang menjadi salah satu faktor pencetus hernia. Namun, tidak semua individu yang melakukan aktivitas tersebut akan menderita hernia. Barulah ketika terdapat kelemahan otot dinding perut (akibat bawaan lahir, usia, atau penyebab lainnya), maka individu tersebut dapat menderita hernia.

Untuk itu, anda tidak perlu merasa khawatir ketika melakukan kegiatan olahraga. Jika anda mencurigai adanya kelainan tertentu yang mengarah kepada hernia, sebaiknya segera ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung untuk menegakkan diagnosis ada tidaknya resiko hernia pada diri Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar