Sukses

Kiat Mengatasi Bau Badan Tak Sedap

03 Apr 2015, 21:50 WIB
Wanita, 38 tahun.

Selamat siang doktet saya bingung gimana caranya menghilangkan bau badan sama bau ketiak sy udah pake bermacam2diodoran tp tetep j bau mandi dah bersih sy suka minder mohon jawabanya

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bau badan yang tidak sedap dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor, di antaranya :

  1. Bau yang timbul saat sedang stres

Ada beberapa jenis keringat yang dapat ditimbulkan oleh tubuh, dan keringat yang baunya paling tidak sedap adalah keringat yang muncul saat sedang stres oleh karena diproduksi kelenjar apokrin.

Kelenjar apokrin memproduksi keringat yang tidak terlalu basah dan bakteri sangat senang dengan lemak dan protein yang terdapat dalam keringat ini. Oleh karena banyaknya jumlah bakteri ini yang membuat bau tidak sedap. Keringat ini berbeda dengan keringat yang dikeluarkan saat sedang olahraga ataupun panas, dimana keringat jenis ini mengandung air serta mineral yang banyak.

  1. Kaki  'bau'

Bakteri memang sangat senang tinggal pada kaki kita oleh karena jari-jari kaki biasanya berada pada tempat yang gelap, hangat, dan lembab dimana merupakan tempat habitat bakteri. Sebanyak 10-15% orang memproduksi keringat lebih banyak, sehingga beberapa orang dapat memiliki bau kaki yang lebih tidak sedap.

  1. Jarang mencuci pakaian dalam wanita (bra)

Tentu kita sebagai wanita memiliki beberapa jenis bra yang sangat cocok dengan kita sehingga dapat kita gunakan berkali-kali hingga terkadang pun tidak kita cuci. Beberapa jenis kain bra memiliki kemampuan menyerap keringat sehingga bila digunakan berulang tanpa dicuci dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Konsumsi Brokoli terlalu banyak

Tentu Anda pernah mendengar bahwa diet yang mengandung tinggi bawang dapat memicu bau mulut, hal ini benar. Beberapa makanan seperti brokoli dapat menyebabkan timbulnya bau mulut.

  1. Kelainan genetis ‘Trimethylaminuria’

Mutasi dari beberapa gen yang dinamakan sebagai Trimethylaminuria, dapat mempengaruhi tubuh sehingga tidak dapat memecah zat kimia yang dinamakan trimethylamine.  Kandungan ini yang membuat bau pada ikan dan bila menumpuk pada tubuh maka bau mulut, urin dan keringat dapat menimbulkan bau ikan.

  1. Alkohol

Saat  mengkonsumsi minuman beralkohol, maka alkohol tersebut dapat keluar dari pori-pori dan menimbulkan bau badan.

  1. Diabetes

Saat penyakit diabetes tidak diobati maka dapat timbul kondisi yang dinamakan diabetic ketoacidosis. Saat terjadi hal ini, maka dapat terjadi perubahan bau badan.

Untuk mengatasi bau badan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

  1. Mandi yang teratur setiap hari dengan menggunakan sabun antiseptik.

  2. Jika makanan mempengaruhi bau badan, hindari konsumsi makanan-makanan dengan aroma yang kuat dan beberapa bahan makanan seperti bawang, bawang putih, makanan berlemak, minyak, dan alkohol.

  3. Jagalah agar ketiak dan kaki tetap kering untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

  4. Mencukur ketiak dapat mengurangi keringat dan bau badan.

  5. Gunakan pakaian berbahan alami seperti katun yang tidak menghambat penguapan keringat tubuh.

  6. Gunakan sepatu dan kaos kaki dari bahan alami agar tidak menghambat penguapan keringat tubuh. Pastikan mengganti kaos kaki setiap hari.

  7. Berikan waktu cukup banyak untuk bertelanjang kaki sehingga mengurangi kelembaban daerah kaki.

  8. Gunakan anti-perspiran pada malam hari sebelum tidur untuk menekan produksi kelenjar keringat pada saat tubuh sedang tidak berkeringat. Penggunaan deodoran lebih baik digunakan pada siang hari karena berguna untuk menutup bau badan dengan bahan pengharum.

  9. Terapi relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengatasi keringat yang berlebihan karena stres.

Jika setelah melakukan tips-tips di atas anak Anda masih mengalami produksi keringat yang berlebihan,  Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kulit untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar