Sukses

Pengobatan Kista

06 Apr 2015, 12:33 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok.. 5 hr yg lalu sy usg ternyta ad kista infeksi ukran 3.2 ..pertanyaan sy ap kista sy bsa hlg dg mkn obt antiniotik yg d kasi dokter n apa bisa mucul lgi kista saya.. n gmn cr spya kista gk dtng lgi.tq

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Namun jika kista tersebut sudah terinfeksi, pengobatannya akan membutuhkan antibiotik. Kecepatan pertumbuhan kista dapat bervariasi. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Gejala dari kista ovarium ini adalah :

  • Perut bengkak dan kembung
  • Nyeri perut
  • Nyeri menstruasi
  • Nyeri ketika berhubungan intim
  • Nyeri di punggung bawah atau paha
  • Nyeri payudara
  • Mual dan muntah

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar