Sukses

Selalu Muntah Setiap Makan Nasi
02 Apr 2015, 10:54 WIB
Wanita, 39 tahun.

Selamat pagi dok, bolehkah saya konsultasi mengenai ibu saya yang telah berusia 72 tahun? Kenapa setiap makan nasi selalu muntah?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Salam kami untuk Ibu Anda tercinta 

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terlebih dahulu perlu dikonfirmasi mengenai ada/tidaknya keluhan lain seperti demam, nyeri/rasa terbakar pada ulu hati, dsb selain keluhan mual dan rasa pahit pada lidah Ibu Anda. Dan pernahkah Anda mengalami keluhan yang serupa sebelumnya?

Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebab keluhan Ibu Anda. Untuk saat ini kami hanya dapat mengatakan adanya kemungkinan kondisi ini berkaitan dengan asam yang diproduksi oleh lambung Ibu Anda. 

Saat makan, makanan akan berjalan melalui mulut ke lambung melalui suatu saluran yang disebut esofagus. Sebelum memasuki lambung, makanan harus melalui suatu cincin (sfingter) esofagus terlebih dahulu yang berperan sebagai pintu gerbang. Umumnya, cincin ini akan menutup segera setelah makanan memasuki lambung. Pada kondisi tertentu, cincin ini terlambat atau tidak menutup sama sekali, menyebabkan aliran balik (refluks) asam dari lambung ke esofagus yang dapat mengiritasi esofagus dan menimbulkan sensasi pahit di lidah.

Bagaimanapun, hal ini masih sebatas dugaan dan masih perlu dipastikan melalui pemeriksaan langsung oleh dokter yang kompeten. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang optimal.

Sementara itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Yaitu menghindari faktor-faktor pencetus terjadinya refluks asam lambung, seperti merokok, konsumsi makanan berlebihan, konsumsi jenis makanan tertentu (tinggi lemak, kafein, alkohol, minuman berkarbonasi, dsb), tindakan berbaring segera setelah makan, kegemukan, kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin, ibuprofen, dsb. Cobalah konsumsi makanan berat secara bertahap mulai dari yang lunak (bubur) hingga yang lebih padat (nasi) dengan mengombinasikannya dengan bahan makanan lain yang Ibu Anda sukai hingga Ibu Anda kembali terbiasa.

Apabila kemudian setelah menerapkan tips-tips di atas keluhan tidak juga membaik, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk melihat kondisi lambung Ibu Anda, yaitu dengan pemeriksaan endoskopi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar