Sukses

Kulit Mata Kaki Kering Tebal Pecah-Pecah
02 Apr 2015, 10:16 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, saya mau menanyakan masalah penyakit kulit yang menyerang kaki saya tepatnya pada mata kaki, kulit berwarna merah. tebal kering dan pecah2.Apa yang dapat saya lakukan untuk menghilangkan penyakit kulit yang saya alami?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Dari keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan yang Anda alami adalah neurodermatitis. Neurodermatitis merupakan peradangan kulit yang menimbulkan gejala gatal, kulit tebal dan garis kulit menonjol menyerupai kulit batang kayu akibat garukan dan gosokan berulang. Penderita mengeluh gatal sekali dan bila timbul malam hari dapat menggangu tidur. Penderita baru merasa enak setelah luka, baru hilang gatal untuk sementara. Lokasi tersering penyakit ini adalah kulit kepala, tengkuk, samping leher, pubis, vulva, skrotum, lutut, punggung kaki, dan pergelangan kaki. Terapi untuk kelainan ini adalah antiradang seperti steroid potensi poten seperti betametasone dipriprionate 0,05% dan pelembab yang tidak menggunakan pewangi. Selain itu, penderita harus diedukasi untuk tidak menggaruk karena akan memperparah penyakit.

Namun, diagnosa kelainan kulit harus ditegakkan dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penatalaksanaan lebih lanjut. Kesalahan pemberian obat dapat memperburuk gejala yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar