Sukses

Mengatasi Masuk Angin
02 Apr 2015, 09:36 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok..bagaimana cara agar tidak mudah masuk angin?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rsakan. Namun sampai saat ini masih belum jelas arti masuk angin dalam dunia kedokteran, yang dikenal hanyalah sindorma dispepsi / dispepsia.

Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasa nya terus-menurus. Semua orang dalam hidupnya pasti pernah mengalami nyeri atau gangguan ini. Tidak ada perbedaan jenis kelamin, laki-laki maupun perempuan dapat mengalami hal ini. 1 diantara 4 orang pasti mengalami hal ini.

Di bawah ini beberapa gejala yang sering terjadi:

  • Nyeri dan rasa panas di daerah lambung (ulu hati)
  • Rasa penuh di perut bagian atas
  • Kembung
  • Rasa panas di daerah dada
  • Mual
  • Muntah
  • Sering bersendawa

Obat-obatan biasanya  dapat menangani gangguan ini dan ditujukan berdasarkan penyebabnya. Apabila Anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotic dapat diberikan. Bila dokter curiga obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan, maka akan diberikan obat lain. Obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung (kembung).

Perut sering kembung dapat dikarenakan peningkatan kadar asam lambung atau dapat dikarenakan terlalu banyak makan makanan yang mengandung gas. Oleh karenanya, untuk mencegah perut mudah kembung hindarilah hal-hal yang membuat gas dalam lambung bertambah atau asam lambung meningkat; Mulailah kebiasan pola makan teratur, Hindari jenis makanan yang membuat gas lambung bertambah, misalnya sayur kol, makanan instan, dan makanan/minuman bersoda, serta biasakan duduk setelah makan, jangan langsung berbaring.

Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Namun sekali lagi, untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Ceritakanlah dengan lengkap keluhan yang dirasakan agar  Anda mendapatkan tatalaksana yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar