Sukses

Pasca Operasi HNP

18 Oct 2015, 20:57 WIB
Wanita, 28 tahun.

Asalamualaikum dok Dok saya pernah mengalami operasi tulang belakang atau yg di sebut urat terjepit dan setelah operasi telapak kaki dan pantat saya sebelah kanan mati rasa telapak kaki saya serasa tebal dan kdag kesemutan serta kdang kalau kecapean kaki saya rasanya seperti kesetrum kadang sakit kdang engak pertanyaan saya gimana cara memulihkan mati rasa pda telapak kaki saya dan obat apa yg bgus buat kesembuhan kaki dan tulang belakang saya biar cpet pulih ...mksih sebelum nya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Adanya saraf tulang belakang yang terjepit disebut dengan HNP. Hernia nukleous pulposus (HNP) adalah suatu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis. Nukleus pulposus adalah bantalan lunak diantara ruas-ruas tulang belakang. 

Sudah berapa lama pasca anda menjalani operasi tersebut? Apakah setelah operasi selesai, anda rutin melakukan pemeriksaan kontrol kepada dokter spesialis saraf Anda? bagaimana evaluasi hasil operasi yang telah dilakukan? apakah semua saraf yang terjepit dapat dibebaskan?

Adanya keluhan mati rasa atau kesemutan pada area kaki anda mungkin saja disebabkan oleh masih adanya gangguan pada saraf yang berjalan dari tulang belakang Anda. Namun, sulit bagi kami untuk memastikannya karena katerbatasan dalam fasilitas pemeriksaan. Untuk itu sebaiknya anda kembali memeriksakan diri langsung kepada dokter spesialis saraf Anda untuk dicari penyebabnya.

Selain terapi medis, anda perlu juga menghindari faktor resiko agar HNP tidak berulang. Penyebab HNP yang harus dihindari adalah  trauma yang terjadi terus menerus, seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, latihan atau olah raga terlalu berat, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar