Sukses

Benjolan Berisi Cairan di Sela Jari Kaki dan Tangan

31 Mar 2015, 21:55 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok terkadang sela-sela jari tangan dan kaki saya ada benjolan kecil isinya cairan, itu kira2 kenapa ya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sesungguhnya untuk mendiagnosis suatu kelainan kulit, paling baik adalah dengan melihat langsung kelainan tersebut. Data yang kami miliki hanyalah benjolan berisi cairan di sela jari kaki dan tangan. Adakah rasa gatal? adakah keluarga lain yang merasa gejala yang sama? adakah gejala terutama gatal malam hari?

Bila Ya, kami memperkirakan Anda terkena infeksi kulit yang disebut Skabies. Skabies penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu / tungau / mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit Scabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptesnya.

Gejala Penyakit Scabies ditandai dengan rasa gatal yang sangat pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Rasa gatal ini menyebabkan penderita scabies menggaruk kulit bahkan bisa menimbulkan luka dan infeksi. Rasa gatal tersebut akibat kaki sarcoptes dibawah kulit yang bergerak membuat lubang dibawah permukaan kulit.

Penyebab Penyakit Scabies adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi, dan kondisi ruangan terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.

Pengobatan skabies adalah dengan mengoleskan krim permetrin 5%, obat Anda oleskan ke seluruh tubuh dari leher ke bawah, biarkan selama semalam lalu basuh hingga bersih.  Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Untuk mengurangi gatal dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM. Hal lain yang perlu  dilakukan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas untuk membunuh tungau yang ada dan mencegah infeksi berulang.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter kulit Anda untuk pemeriksaan agar dapat ditentukan bahwa keluhan Anda adalah benar benar skabies serta diberikan tata laksana yang tepat. Adapun krim permetrin 5% yang biasa digunakan untuk mengatasi skabies merupakan obat yang hanya dapat diperoleh dengan pengawasan dan resep dokter. Memang dengan pemakaian obat tersebut gejala tidak langsung hilang dan ada kemungkinan efek samping gatal akibat pemakaian obat tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar