Sukses

Tanda-tanda Kehamilan

02 Apr 2015, 17:01 WIB
Wanita, 33 tahun.

saya mau tanya saya sudah telat 31 hari, setelah USG Transvagian dokter yang menangani saya sel telu bagus, tapi kenap setelah USG saya keluar darah,apakah itu tanda tanda kehamilan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.

Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin  (test pack) dan tes darah.

Test Pack adalah suatu alat untuk mendeteksi kehamilan berdasarkan hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. B-HCG akan terdeteksi pada 8 hari setelah konsepsi (pembuahan sel telur oleh sel sperma) atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya. Namun B-HCG saat ini (8 hari pasca konsepsi) hanya terdeteksi pada 5% wanita. Kebanyakan wanita akan positif pada hari ke 11-12 pasca pembuahan. Sudahkah Anda melakukan pemeriksaan test pack?

Bila Ibu melakukan test  pack pada 7 hari pasca pembuahan atau 1 minggu sebelum menstruasi berikutnya, maka kemungkinan positif hanya 5% karena kadarnya kemungkinan masih 5 IU/L. Namun karena levelnya yang akan terus meningkat, maka Ibu dapat melakukan test pack kembali pada 11-12 hari post konsepsi. Semakin lama Ibu menunda melakukan test pack (contoh: ketika 1 bulan telat haid) maka akan semakin besar kemungkinan Ibu positif (bila Ibu memang hamil). 

Seberapa banyak darah yang keluar pasca USG transvagina? Sebab tidak jarang USG transvagina menyebabkan iritasi dinding vagina dan menyebabkan lecet yang dapat mengeluarkan darah. Adapun USG transvagina itu sendiri tidak mungkin merangsang timbulnya menstruasi. Apakah darah yang keluar hampir sama banyaknya dengan mestruasi seperti biasanya? Bila Ya, kemungkinan kebetulan saja Anda menstruasi setelah menjalani USG transvagina. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar