Sukses

Pil KB

31 Mar 2015, 14:46 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dokter saya mau tanya kalo KB pil IYAZ tuh apa bagus ya?apa menyebabkan flek dan kegemukan??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Pil KB termasuk dalam alat kontraspesi hormonal. Pil KB yang Anda tanyakan mengandung drospirenone dan ethynil estradiol. Drospirenone merupakan bahan yang sampai saat ini paling mirip dengan hormon progesteron tubuh. Drospirenone juga memiliki efek antiandrogen sehingga dapat menekan aktivitas kelenjar sebasea. Drospirenone sendiri juga memiliki efek terhadap berat badan.

Secara umum, penggunaan pil kontrasepsi dapat meningkatkan resiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. Namun pada pengguna drospirenone, resiko untuk terjadinya sumbatan pada pembuluh darah lebih tinggi dibandingkan pengguna pil kontrasepsi lainnya. Sehingga pada wanita dengan latar belakang diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit lain yang dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah, tidak disarankan menggunakan jenis ini.

Efek samping lain yang juga dapat ditemukan, antara lain:

  • Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi
  • Rasa nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Rasa kembung
  • Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)

Pemilihan metode KB memang sangat individual, karena efek samping yang terjadi dapat berbeda-beda pda masing-masing wanita. Untuk itu, Anda dapat terus mengkonsultasikan hal ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan metode KB yang paling sesuai untuk Anda.

Kami sertakan artikel Kontrasepsi untuk informasi lengkap Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar