Sukses

Mencegah Infeksi Bekas Luka Caesar

20 Oct 2015, 11:33 WIB
Pria, 29 tahun.

Sore dokter, saya mau tanya, istri saya umur kehamilan sudah 9 bulan dan sudah dipesankan oleh dokter yg memeriksa kehamilannya dalam beberapa minggu kedepan akan melahirkan. Istri saya ingin melahirkan secara cesar, tetapi ada rasa takut karena beberapa bulan lalu ada teman saya yang cesar di salah satu RS di Jakarta dan setelah sebulan ternyata ada infeksi pada bekas cesar. Apakah cesar ini aman ya dok? Hal apa yg bisa menyebabkan infeksi pada bekas cesar? Apakah ada SOP khusus sebelum cesar ini tuk mencegah infeksi? Dan jika nanti istri saya melakukan cesar, adakah cara untuk tahu kalau bekas cesar itu tidak akan infeksi? Mohon informasinya ya dokter. Terima kasih. Chandra

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Perawatan pasca operasi sesar, tidak ada yang khusus, sama dengan perawatan luka biasa. Hanya karena perut disayat agak besar, dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat, mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan jahitan dapat terbuka.

Jagalah daerah bekas operasi tetap kering dan bersih dengan mengganti perban sehari 2 kali. Tapi biasanya post caesar selama 5-7 hari tidak diperkenankan mengganti perban sendiri, nanti pada saat kontrol baru diganti oleh Dokter Kandungan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar