Sukses

Hamil, Boleh Naik Pesawat?

31 Mar 2015, 11:08 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok, saya seorang ibu hamil dengan usia kandungan 11 minggu,ini kandungan pertama saya dan tidak ada riwayat keguguran sebelumnya, apakah dengan kondisi seperti ini saya boleh naik pesawat?? dan apa benar ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi buah durian?? terimakasih dok.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kondisi kesehatan setiap wanita berbeda saat hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak melakukan perjalanan dengan pesawat sebelum usia kehamilan di atas 12 minggu. Namun, apabila Anda diharuskan pergi sebelum usia itu pada suatu keadaan, sebaiknya Anda berkonsultasi dan memeriksakan diri dahulu ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.  Apabila kondisi Anda rentan, dokter dapat memberikan obat untuk menguatkan janin, meminimalisir resiko, dan mengurangi mual muntah selama perjalanan.

Hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang meneliti mengenai efek konsumsi buah durian pada Ibu hamil. Namun demikian, buah durian banyak mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol. Dimana kandungan tersebut dapat membuat Ibu merasa kembung dan memicu kontraksi (terutama pada kehamilan trismester ketiga. Glukosa, kolesterol dan alkohol juga dapat berdampak buruk pada kesehatan (dapat memicu terjadinya diabetes atau gangguan kesehatan jantung)

Jika memang keinginan untuk makan durian tidak tertahankan, batasilah konsumsi 1 -2  biji saja dan tidak boleh terlalu sering. Kuncinya adalah pembatasan jumlah durian yang dimakan. Kontrol teratur ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit diabetes dan yang penyakit lain saat hamil.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar