Sukses

Telapak Kaki Datar

31 Mar 2015, 15:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dear dokter.. telapak kaki saya seperti kaki bebek (rata sekali) sehingga jk berjalan tanpa alas kaki pada permukaan keramik menimbulkan bunyi seperti katak.. apakah ada resiko dengan kondisi telapak kaki sy yg rata?? Bagaimana solusiny?? Dulu sy seorg atlet bulutangkis, dg keadaan seperti ini sering kali sy merasa cepat capek dan pegal2 dan juga sy sering cedera ankle.. sy d rekomendasikan utk memakai sol dg desain khusus utk mencegah telapak kaki sy cepat lelah.. apakah itu juga termasuk akibat dr telapak kaki sy yg rata?? Kemudian, Apakah ini merupakan keturunan apa karena kebiasaan??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telapak kaki datar/ flat feet di dunia kedokteran disebut sebagi pes planus atau fallen arches. Seseorang dengan flat feet tidak bisa berjalan terlalu lama karena bisa menyebabkan nyeri dan cenderung mudah jatuh karena telapak kaki tidak memiliki lengkungan.

Penyebab

  • Genetik
  • Trauma
  • Cerebral palsy
  • Kelainan otot

Terapinya dapat menggunakan sepatu khusus yaitu foot orthotic dan dibuat secara khusus dengan cetakan kaki pasien. Terapi lain yang dapat dilakukan adalah dengan pembedahan atau operasi. Untuk mendapatkan sepatu foot orthotic sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis bedah orthopedi, karena diperlukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar