Sukses

Kinerja Jantung Kanan dan Kiri Berbeda

30 Mar 2015, 14:44 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, kalau kinerja jantung kanan dan kiri memompa darahnya tidak sama cepatnya itu berbahaya gak ya? terus apa solusinya? terima kasih dok...

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol).Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.

Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru.

Darah dalam atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.

Apakah yang Anda maksud dengan kemampuan yang berbeda memompa darah kinerja jantung kanan dan kiri? Apakah hal ini berkaitan dengan pembesaran otot dan ruangan jantung? Terdapat beberapa kelainan yang menyebabkan kemampuan memompa otot jantung berkurang, antara lain pembesaran (hipertrofi) ventrikel kanan dan hipertrofi ventrikel kiri. Hipertrofi ventrikel kiri biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Sedangkan hipertofi ventrikel kanan sendiri biasanya disebabkan oleh penyakit paru kronis. Hipertrofi ventrikel kiri pada keadaan lanjut akhirnya dapat menyebabkan hipertrofi ventrikel kanan. Penanganan kasus tergantung dari apa penyebab yang mendasari.  Apabila hal ini tidak ditangani dengan tepat, maka dapat menyebabkan gagal jantung. Kami menyarankan untuk mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam apabila terdapat keluhan serupa

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar