Sukses

Penyebab Cairan Penis

30 Mar 2015, 20:42 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dear Dokter, Baru baru ini suami saya mengalami sakit di bagian kepala penis nya ketika buang air kecil dan acapkali keluar cairan kehijauan. Yang ingin saya tanyakan, apakah hal tersebut berbahaya? Karena beliau mengalami fever saat ini. Saya sempat bertanya ke beberapa kawan dan menyatakan ada indikasi salah satu diantara kami memiliki gangguan pada kesehatan alat reproduksi, bagaimana saya mengetahui apabila vagina saya tidak bersih atau bermasalah? Sampai detik ini, saya tidak melihat ada perubahan apa-apa dengan vagina saya, baik dari segi cairan, bau maupun bentuk. Mohon masukan dan saran dokter. Terima kasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Cairan keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih. Bila rangsangan diteruskan, dapat terjadi ejakulasi pada pria yang mengeluarkan cairan mani.
 
Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih,perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainya. 
 
Bagaimana dengan detil keluhan Anda?

Keluarnya cairan seperti nanah dari kemaluan dan gangguan berkemih, merupakan suatu pertanda adanya proses infeksi pada saluran kemih/kemaluan. Adapun infeksi yang dimaksud umumnya disebabkan oleh kuman yang dapat ditransmisikan melalui hubungan seksual seperti gonore, klamidia, dan kuman lainnya. Infeksi kuman yang berbeda menyebabkan jenis cairan yang berbeda. Diagnosis perlu ditentukan dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan cairan yang keluar dari kemaluan.

Sebagai tambahan informasi Anda, kami sertakan artikel:

6 Cara Menahan Nafsu Seks

Ketika Harus Mengatakan Tidak pada Hubungan Seks

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar