Sukses

Sariawan dan Gigi Ngilu

01 Apr 2015, 10:30 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya sedang mengalami sariawan pada gusi gigi depan bawah sebelah kanan, tapi terasa ngilu terus menerus pada gigi depan bawah kirinya tanpa sedang memakan apa pun. Apakah itu efek dari sariawan itu sendiri atau ada penyebab yang lainnya?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami turut prihatin atas gangguan yang Anda rasakan dan memahami kekhawatiran Anda. Sariawan dan gigi ngilu adalah dua kondisi yang tidak berkaitan. Gigi ngilu dapat disebabkan oleh karena gigi tersebut sensitif atau karena gigi berlubang, sedangkan Sariawan atau SAR merupakan penyakit yang umum ditemukan dan penyebabnya belum dapat dipastikan tapi terkait dengan beberapa faktor seperti stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Untuk gigi yang mengalami ngilu ini jika disebabkan oleh karena gigi sensitif maka dapat Anda gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif , namun bila tidak ada perubahan setelah menggunakan pasta gigi ini maka sebaiknya periksakan gigi Anda pada dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar