Sukses

Kepala Anak Terbentur Saat Terjatuh

20 Oct 2015, 16:24 WIB
Pria, 8 tahun.

Saya Mau tanya. Anak saya 8bln saya ajak perjalanan jauh dari pagi sampai.Sore. baru bisa duduk abis saya suapin makan dia duduk ngga seimbang jatuh kebelakang kena kepalanya ke lantai. Trus nangis ngga lama muntah makanan nya keluar.semua. gmna ya dok. Sarannya. Trima kkasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Apakah kepala anak Anda terbentur dengan keras? Kepala yang terbentur ke belakang tentu saja memiliki risiko, apalagi bila terbentur dengan keras. Kepala memiliki sistem perlindungan terhadap benturan ringan, namun benturan yang keras dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Karena terdapat gejala muntah pasca kepala anak terbentur, maka sebaiknya Anak segera diperiksakan kepada dokter untuk dievaluasi segera. Yang ditakutkan, benturan yang keras dapat menyebabkan kerusakan didalam otak yang menyebabkan peningkatan tekanan dalam otak yang menimbulkan gejala muntah. Gejala beriktnya akibat kondisi ini, anak mulai mengalami penurunan kesadaran, dari sangat rewel hingga mengantuk dan tidak sadarkan diri. Untuk mencegahnya, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan dan bila memang dicurigai adanya trauma otak, maka perlu mendapatkan penangaan medis segera.

Yang tak kalah penting perlu untuk dilakukan adalah mencegah peristiwa benturan kepala berulang pada anak, dengan pengawasan lebih ketat dan memberikan bantalan pelindung disekitar anak saat di dudukkan. Dan jangan biarkan anak sendiri tanpa ada pengawasan orang dewasa disekitarnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar