Sukses

Kista Bisa Hilang? Bisa Tumbuh Lagi?

30 Mar 2015, 17:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok.. 2 3 hri yg lalu sy usg kt nya kista infeksi ukran 3.2 n dkash obt antibiotik pertanyaan sy ap kista sy bsa sembh dg mkn obt doktr n apa kista bsa tumbh lgi..n cra mencegah tumbh ny kista gmn dok.. tq

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Dimana tepatnya kista yang anda maksud?

Apabila dibibir vagina, maka kemungkinan kista infeksi yang anda maksud adalah kista bartholin.

Kelenjar bartolin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada pembukaan liang vagina (bibir vagina). Kelenjar bartolin berfungsi untuk memproduksi mukus (lendir) untuk lubrikasi vagina (pelumas vagina).

Kista bartolin terbentuk apabila kelenjar bartolin tersumbat dan sebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan oelh infeksi, kista bartolin dapat berubah menjadi abses bartolin. Kista bartolin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali.

Kista bartolin dapat tumbuh membesar sampai sebesar telur. Kista tersebut tidak berbahaya namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit. Terapinya tergantung dari ukuran kista, rasa nyeri, apakah terinfeksi, dan usia pasien. Kista kecil dapat hanya diobservasi saja dengan terapi direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Selain itu dapat juga dipasang selang kecil / kateter oleh dokter untuk mengeluarkan cairan dari kista. Apabila kista berulang kali kambuh setelah diterapi maka kelenjar bartolin dapat diangkat dengan operasi / laser.

Sedangkan kista lain pada organ reproduksi wanita dapat terjadi di uterus (rahim) dan ovarium (indung telur) . Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome).

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan memang memerlukan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak akan diperlukan terapi apapun.

Kista fungsional dimana umumnya berukuran < 6 cm hanya diobservasi dan di-USG setiap 2 bulan sekali. Cara lainnya adalah menggunakan pil kontrasepsi. Penggunaan pil kontrasepsi bisa mengurangi kemungkinan munculnya kista yang baru.

Kista mana yang Anda maksud? Kami menganjurkan anda untuk kembali berkonsultasi dengan dokter yang telah menangani anda jika memang dirasa penjelasannya kurang jelas. Selain itu anda dapat juga berkonsultasi mengenai terapi apa yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kista anda saat ini dan juga mencegah kista tersebut untuk tumbuh kembali.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar