Sukses

Trik Mengatasi Jerawat

31 Mar 2015, 11:09 WIB
Pria, 19 tahun.

ibu dokter saya jhon saya ingin bertanya bagaimana menghilangkan jerawat batu di hidung,dari saya sma sampai skrang jerawat batu di hidung saya tdk pernah hilang ,banyak sabun serta pembersih wajah yg pakai tapi tdk mempan akibatnya hidung saya jadi rusak akibat jerawat,,, apakah merook juga bisa menyebabkan jerawat ibu dokter??

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengatasi jerawat tidak cukup hanya dengan menggunakan facial wash khusus untuk kulit berjerawat, tetapi ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat :

  1. Stres
  2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  4. Keturunan dari orangtua
  5. Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.  Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah.

Peneliti di San Gallicano Dermatological Institute di Roma menemukan bahwa merokok berperan penting sebagai salah satu pemicu timbulnya jerawat. Meski demikian, jumlah rokok yang dihisap tidak berpengaruh terhadap tingkat keparahan jerawat.  Berdasarkan studi tersebut, merokok dapat berkontribusi dalam menyebabkan jerawat non-inflamasi, termasuk komedo besar dan tersumbatnya pori-pori. Jerawat non-inflamasi biasanya terjadi ketika folikel rambut yang terbuka di permukaan kulit terblokir oleh bakteri.

Merokok diketahui juga menyempitkan pembuluh darah dan merusak permukaan tubuh yaitu sel-sel di kulit yang merupakan pertahanan baris pertama dari perlindungan tubuh. Kondisi ini juga bisa memicu penyumbatan dari pori-pori kulit yang menyebabkan timbulnya komedo yang berujung munculnya jerawat. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan kulit keriput dan juga penuaan dini.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar