Sukses

Sakit Telapak Kaki

01 Apr 2015, 14:34 WIB
Wanita, 55 tahun.

Sakit ibu saya sudah lebih dr 5 thn. Kakinya sering sakit menjelang mlm, pada bgian telapak kaki. Gula darah beliau jg cukup tinggi. di bagian paha dan betis sering melepuh sampai luka. Kira2 sakit apa ibu saya Dokter? Terimakasih sebelumny.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penyebab kaki nyeri ada beberapa penyakit. Kapankah nyeri dirasakan? Apakah ketika beraktivitas? Atau ketika beristirahat? Apakah nyeri dirasakan terus menerus? Adakah riwayat hipertensi atau diabetes melitus sebelumnya? Adakah riwayat merokok?

Penyebab nyeri pada telapak kaki dapat disebabkan antara lain periferal arterial disease (PAD), Buerger Disease, dan Neuropati Perifer. Pada PAD biasanya nyeri dirasakan ketika beraktivitas dan membaik ketika beristirahat. Pada Buerger Disease, keluhan dirasakan hampir serupa. Namun pada Buerger Disease biasanya terjadi pada perokok dan posisi tungkai lebih nyaman bila digantung. Faktor resiko PAD salah satunya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Neuropati perifer sifat nyerinya berlangsung lebih terus menerus dan biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat diabetes melitus dengan kadar gula darah tidak terkontrol. Apabila gula darah ibu Anda tinggi, sebaiknya hal tersebut diobati terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi pencetus keluhan yang dirasakan ibu Anda.

Untuk menentukan diagnosis Anda diperlukan wawancara mendalam dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan diantaranya pemeriksaan USG Doppler. Anda dapat memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar