Sukses

Bentol Isi Air Yang Gatal Pada Kaki

21 Oct 2015, 17:21 WIB
Wanita, 16 tahun.

Malam, Dok. Saya mau mengeluhkan sesuatu hal yang mengganggu penampilan kaki saya kali ini. Jadi, kronologisnya seperti ini. Seminggu yang lalu, saya merasakan gatal yang amat sangat di kaki kiri saya, dan ternyata benjolannya rada besar memerah gitu, karena tidak tahan jadi digaruk terus. Sampai esoknya, saya baru sadar kalau itu benjolan nggak ilang-ilang, kan biasanya kalau nyamuk cuman sehari. Nah, waktu saya perhatikan, ternyata itu benjolan yang kayak ada isi airnya gitu, Dok, yg kalau pecah berair gitu. Sekitar 3harian akhirnya itu bentolan, gelembung isi air itu pecah'kan, dan meninggalkan bekas kecoklatan gitu. Pas itu udah pecah, muncul lagi itu rasa gatal-gatal di bagian pergelangan kaki kanan saya, ternyata benjolan gelembung yang sama, tapi kali ini saya diemin, nggak berani garuk lagi, takut ninggalin bekas. Masih ada tuh benjolan, muncul lagi benjolan baru dibawah yang itu pas, dan munculnya langsung 2. Sempet nggak tahan akhirnya garuk-garuk lagi lah, seaking kesalnya.. Beberapa hari gelembung yang satu pecah'kan, sisa yang dua itu. Tiba-tiba, muncul banyak gelembung kecil-kecil gitu juga di kedua kaki saya, memerah warnanya, nggak berani garuk deh klu gini. Karena saya bingung, akhirnya ngasih bedak sal*cyl, tapi nggak ilang juga. Besoknya, saya kasih c*ladine, tapi nggak ilang-ilang juga. Dan hari ini udah ketiga hari, gelembung banyak itu muncul di kedua kaki, tapi nggak sampai ke paha, cuman daerah lutut ke bawah batasnya pergelangan kaki. Itu kira-kira kenapa, ya, Dok?? Apa ada hubungannya dengan batuk saya yang tidak kian sembuh? Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gatal adalah suatu gejala dari berbagai macam kondisi medis, seperti alergi atau infeksi jamur, dimana untuk memastikan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan fisik serta penunjang secara menyeluruh.

Pemeriksaan kulit paling baik jika dilihat secara langsung agar dapat diketahui kelainan kulit yang terjadi. Oleh karena itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai. Dan kami juga menyarankan Anda untuk tidak menggaruk, karena cairan tersebut akan menyebar ke tempat lain dan menimbulkan lesi (bintik cairan) yang baru. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar