Sukses

Pilek Tak Kunjung Sembuh

21 Oct 2015, 17:43 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya punya amandel sejak sd, skrang saya mengalami pilek dan tenggorokan sakit. Pada saat periksa di poki umum dikatakan amandel besar. Dikasi obat sporetik 10 dan rhinos 10, sudah dihabiskan namun pilrh hnya brubah dari cair ke kental kehijauan tapi tak kunjung hilang, stelah itu ke poliklinik kmpus dikasi amoxycilin 10 dan obat pilek generik 5 dan sudah hbis namun pilek masih ada dan kembali cair. Hidung menjadi tersumbat dan ingus malah turun ke tenggorokan. Sudah 2 minggu namun pilek tak kunjung henti. Apakah perlu dilakukan pengambilan amandel?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Selain menderita amandel, kami menduga anda juga mengalami radang pada hidung dan tenggorokkan, sehingga disebut dengan Rhino tonsilofaringitis.

Awalnya kemungkinan infeksi penyebabnya adalah virus, dengan gejala sekret hidung yang cair dan jernih. Jika disebabkan oleh virus, maka merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya (self limmitting disease).

Namun ketika sekret hidung berubah menjadi kuning kental, maka kami menduga telah terjadi infeksi sekunder oleh bakteri. Oleh itu dibutuhkan pengobtan dengan antibiotik yang adekuat untuk mengatasinya.

Apakah sebelumnya anda memiliki kebiasaan sering mengkonsumsi antibiotik dengan atau tanpa pengawasan dokter? Jika, ya. maka kami menduga telah terjadi resistensi antibiotik sehingga penyakit Anda tidak kunjung sembuh. Untuk itu sebaiknya Anda kembali berkonsultasi kepada dokter Anda agar dapat dilakukan evaluasi hasil terapi yang sebelumnya telah diberikan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar