Sukses

Nyeri Pada jari Jempol

21 Oct 2015, 20:38 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sore Dok, saya mengalami rasa sakit pada jari jempol tangan saya yg sebelah kiri,sedikit aja kena benturan rasanya sakit bukan main. Selain diakibatkn oleh benturan, rasa sakitnya jg muncul saat cuaca dingin. Rasa sakit akibat cuaca dingin ini jauh lebih menyakitkan bhkn sampai seluruh tangan tdk bisa saya gerakan karna sakitnya. Sakit ini sudah 3 tahunan sya alami. Rasa sakit ini trus muncul trutama saat sya kedinginan dan mandi. Sya ingin tau penyakit apakah yg sya derita ini Dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda alami akibat keluhan tersebut. Sebelum kami melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan. Apakah keluhan selalu muncul ketika jari terbentur atau dalam cuaca dingin? Apakah terasa nyeri juga ketika jari ditekuk?

Rasa sakit pada jari jempol dapat berasal dari otot, tulang atau persendian. Salah satu penyebab nyeri pada jari  adalah trigger finger. 

Tringer finger adalah kekakuan tendon atau selubung tendon, suatu kondisi nyeri atau sakit pada jari-jari tangan, jari kaku bila ditekuk atau ketika mau di luruskan. Kondisi ini mengakibatkan terkuncinya sendi jari pada saat di gerakan dari posisi fleksi (gerakan menekuk) ke arah posisi ekstensi (gerakan meluruskan). Trigger finger dapat mengenai lebih dari satu jari pada satu waktu, meskipun biasanya lebih sering terjadi pada ibu jari, tengah, atau jari manis. Trigger finger biasanya lebih menonjol di pagi hari.

Insiden terjadi trigger finger lebih sering terjadi pada wanita di usia 40 - 60 tahun dan penderita diabetes melitus atau penyakit rematik. 

Penanganan dilakukan dengan cara :

  • Istirahat. Jika keluhan ringan, mengistirahatkan jari mungkin dapat mengurangi gejala.
  • Obat obatan golongan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat membantu mengurangi gejala.
  • Suntikan steroid. Suntikan dilakukan ke dalam selubung tendo. 

Sulit untuk menentukan diagnosis Anda dengan informasi yang terbatas dan tanpa pemeriksaan fisik. Kami sarankan Anda untuk mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga Anda bisa memperoleh terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar