Sukses

Kencing Berbau dan Nyeri

08 Apr 2015, 17:17 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat sore pak/bu Dokter saya mau tanya : setiap kali saya kencing saya mencium aroma yang berbeda dari biasanya . dan ketika beres saya merasakan rasa sakit. pertanyaannya ,, apa penyebab bau yang berbeda dan rasa sakit itu doker. serta cara penanggulangannya bagaimana. ? mohon penjelasannya terimakasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ada beberapa keadaan yang dapat menyebabkan urin berbau tidak sedap, misalnya makan makanan tertentu dapat menyebabkan perubahan aroma urin (petai, jengkol, durian). Kondisi kurang cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan urin menjadi pekat dan lebih bau. Ada juga penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyebabkan perubahan aroma urin, tetapi tentunya tidak bisa menegakkan diagnosis penyakit hanya melalui urin berbau tidak sedap. 

Gejala-gejala seperti sering buang air kecil, kencing berbau atau berwarna tidak jernih, nyeri saat kencing, dapat mengarah kepada infeksi saluran kemih. Namun diagnosis ini belum pasti, diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium (urin) untuk memastikan. Untuk sementara, minumlah banyak air putih minimal 2 liter/hari, hindari kebiasaan menahan kencing, dan selalu jaga kebersihan daerah kemaluan.

Kami juga menyarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menganjurkan pemeriksaan urin (urinalisa) untuk mengetahui penyebab keluhan anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar