Sukses

Selalu Keluar Ingus

15 Apr 2015, 10:56 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya mau tanya kenapa ingus saya tidak pernah berhenti keluar hingga menyebabkan batuk terus terusan dan alergi pernapasan, kira kira solusinya pengen cepat sembuh gimana.? makasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Munculnya lendir pada hidung dan tenggorokan dapat disebabkan oleh karena iritasi, alergi, maupun infeksi. Saluran pernapasan manusia normalnya dilapisi oleh sel mukus yang menghasilkan lendir yang dalam keadaan normal berfungsi untuk membersihkan saluran pernapasan dan menghangatkan udara yang melalui sirkulasi pernapasan. Pada individu yang memiliki alergi (seperti alergi debu, suhu dingin, serbuk bunga, dan sebagainya) akan terjadi proses peradangan kronis akibat sel mukus yang bereaksi berlebihan terhadap alergen, sehingga cairan lendir yang dihasilkan pun lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal. Peradangan tersebut juga dapat terjadi akibat infeksi, maupun iritasi (seperti bahan kimia, asap, udara kering dan dingin). Lendir tersebut sering disebut post nasal drip dan terasa di belakang hidung. Bila Anda mempunyai alergi, yang perlu dilakukan adalah mengenali dan menghindari alergen yang memicu gejala, serta menjaga daya tahan tubuh agar sistem imun Anda tetap stabil. 

Namun agar diagnosis dapat ditegakkan, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk dilakukan penelusuran lebih lanjut serta pengobatan optimal.

Berikut artikel tambahan terkait pertanyaan Anda:

Sinusitis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar