Sukses

BAB Keras pada Anak

30 Mar 2015, 10:02 WIB
Pria, 21 tahun.

salam dokter. anak saya susah BAB sudah 6 hari ini. saya sudah bawa ke dokter dan memdapat obat pencahar. namun, wajarkah jika ada bercak darah pada saat BAB? dan duburnya mengalami iritasi?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika memang asupannya sedikit, maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, dan memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Jika anak sudah mendapatkan makanan padat, Anda dapat memberikan sayur dan buah untuk membantunya melancarkan BAB. Jangan lupa untuk memberikan air putih yang cukup.

BAB berdarah bisa diakibatkan karena tinja yang keras menggores kulit dubur, sehingga timbul luka atau retakan, yang umumnya juga akan menimbulkan rasa nyeri.

Jika BAB masih tetap keras, kami sarankan agar Anda membawa anak ke dokter anak agar dapat dievaluasi penyebabnya, agar mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar