Sukses

Akibat Kekurangan Cairan
15 Apr 2015, 11:10 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat sore. dok saya mau tanya, apa efek samping jika kurang/ jarang minum air selain dehidrasi? trims

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Komposisi tubuh terdiri atas 60% air. Ketika tubuh kekurangan cairan, timbulah suatu kondisi yang disebut dehidrasi. Dehidrasi  terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, kurang dari jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum. Kondisi inilah yang mendasari muncul gangguan kesehatan lainnya.

Tubuh kita membutuhkan cairan untuk berfungsi dengan normal. Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang. 

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada penyakit serius hingga kematian.

Efek yang dapat timbul antara lain kulit kering, mulut kering, air mata berkurang, kram otot, mual muntah, jantung berdebar-debar, kelemahan tubuh yang dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari, sakit kepala, penurunan jumlah urin. Jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan ginjal, syok, hingga koma.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar