Sukses

Mengkonsumsi Multivitamin

30 Mar 2015, 13:39 WIB
Pria, 21 tahun.

dok, saya beraktivitas sebagai mahasiswa yang biasa begadang dan tidur di bawah 6 jam, untuk menjaga kebugaran tubuh saya biasa mengkonsumsi vitamin A, B, C, E dalam bentuk tablet. Apakah hal itu dapat berakibat buruk bagi tubuh saya dok? Terima kasih sebelumnya, dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Vitamin adalah zat organik penting yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk berbagai reaksi metabolisme dan mempertahankan kesehatan tubuh. Vitamin terutama disuplai dari makanan. Sumber vitamin yang paling baik adalah makanan sehingga orang sehat yang makanannya bermutu baik mesti sudah mendapat jumlah vitamin yang cukup. Manusia tidak dapat mensintesa vitamin dalam tubuhnya kecuali vitamin D pada kulit, nicotinamide dan tryptophan. Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin adalah sayuran hijau, buah berwarna, dan kacang-kacangan.

Mengkonsumsi suplemen vitamin jangka panjang sama saja dengan memasukkan zat kimia kedalam tubuh. Hal ini tentunya dapat memberikan beban kerja pada hati dan ginjal sebagai zat yang menetralisir toxin dan membuangnya dari dalam tubuh. Itulah yang menjadi alasan tidak dianjurkannya penggunaan vitamin jangka panjang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar