Sukses

Apakah Sebabnya Demam?

30 Mar 2015, 13:58 WIB
Pria, 57 tahun.

Ass dok, sy demam panas selama lima hari naik turun (minum obat agak turun sesedah itu naik lagi, setelah hari kelima sy tes darah hasilxtrombosit 225,malaria negatif, anti salmonela negatif, fungsi liver normal hanya antidengue IgG dan IgM yg positif, apa artinya iyu dok? Tksh atas bantuanx, salam

 

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Adanya anti-dengue IgM dan IgG yang positif menunjukkan bahwa Anda terinfeksi oleh virus demam berdarah (dengue). 

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini ditularkan orang yang dalam darahnya terdapat virus dengue. Orang ini bisa menunjukkan gejala sakit, tetapi bisa juga tidak sakit, yaitu jika mempunyai kekebalan yang cukup terhadap virus dengue.  Jika orang digigit nyamuk aedes aegypti maka virus akan masuk bersama darah yang dihisapnya. Didalam tubuh nyamuk itu, virus dengue akan berkembang dan menyebar ke seluruh bagian nyamuk. Sebagian besar virus tersebut berada pada kelenjar liur yang terdapat pada alat tusuk nyamuk. Sehingga waktu nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka bersamaan dengan air liur nyamuk masuk kedalam darah, virus dengue dipindahkan kepada orang lain.

Gejala utama dari demam berdarah dengue adalah demam yang mendadak tinggi (>39oC), terus menerus  selama 2-7 hari, kemudian turun dengan cepat dan biasanya diikuti dengan nyeri kepala, menggigil, lemas, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan tulang, ruam kulit (kulit kemerahan), anoreksia, mual, muntah.

Selanjutnya akan diikuti oleh tanda perdarahan seperti;

  • Gusi berdarah

  • Mimisan

  • Timbul bintik-bintik merah pada kulit (petekie)

  • Muntah darah

  • Buang air besar berwarna hitam

Pada fase demam biasanya diikuti oleh fase kritis selama 2-3 hari. Pada fase kritis ini suhu tubuh menurun, bagian tubuh seperti tangan dan kaki dingin dan biasanya merasa seperti sudah sembuh. Padahal pada fase ini kita harus waspada, sebab bisa terjadi sindrom syok dengue yang dapat mengancam jiwa. Perjalanan penyakit dari DBD berupa pelana kuda yaitu demam hari 1-3, turun demam atau masa kritis pada hari ke 4 dan 5 dan kemudian demam naik lagi pada hari ke 6 dan 7 dimana masuk fase penyembuhan. Pada fase penyembuhan, kebocoran cairan pada ruang interstitiel akan membaik sehingga volume cairan dalam pembuluh darah akan berangsung-angsur kembali, seperti yang dapat dilihat pada pemeriksaan laboratorium yaitu kadar hematokrit yang berangsur-angsur kembali normal dan juga kadar trombosit yang mengalami peningkatan hingga pada jumlah normal. Pada fase ini juga terjadi perbaikan klinis seperti berkurangnya bengkak, sesak, berkurangnya tanda-tand perdarahan dan gejala lainnya.

Pada dasarnya pengobatan DBD bersifat suportif, yaitu mengatasi kehilangan cairan sebagai akibat dari kebocoran plasma dan perdarahan. Obat-obatan yang diberikan bersifat simtomatik (mengobati gejala) bila demam diberikan antipiretik (penurun demam), mual diberikan antiemetik dst. Rasa haus dan keadaan kekurangan cairan dapat timbul sebagai akibat demam tinggi, anoreksia dan muntah. Jenis minuman yang dianjurkan adalah jus buah, teh manis, sirup, susu, serta larutan oralit. Apabila cairan oral tidak dapat diberikan maka sebaiknya pasien dirawat untuk diberikan cairan infus. Pasien diharapkan tirah baring selama masih demam maupun fase syok dan selalu di monitor kadar trombosit serta kadar hematokrit sampai normal kembali.

Berikut ini kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda :

7 Cairan Alami Redam Demam Berdarah

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar